programmer pertama di Dunia adalah seorang WANITA

0 komentar
 
Taukah Anda? 
programmer pertama di Dunia adalah seorang WANITA.....



Dia adalah Augusta Ada King, Countess of Lovelace (lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 – meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun), ia lahir dengan nama Augusta Ada Byron, dan adalah anak tunggal dari penyair Lord Byron. Ia biasanya dipanggil dengan nama Ada Lovelace, seorang wanita yang merupakan programmer komputer pertama .Lord George Gordon Byron adalah seorang penyair  inggris yang terkenal dan ibunya bernama Anne Isabelle Milbanke. Ada tidak pernah mengenal Ayahnya, sebad Lord George Gordon Byron dan Anne Isabelle Milbanke menikah 2 Januari 1815, tetapi mereka berpisah pada 16 Januari 1816 (sebulan setelah kelahiran Ada).

Sejak usia dini, Ada sangat pandai dibidang matematika.Ibu Ada memang mendidik Ada untuk lebih mengandalkan otak kirinya.


Tahun 1833 ia bertemu Charles Babbage, dan membantunya menulis program komputer pertama di dunia bagi mesin ciptaan Babbage, Analytical Engine, cikal bakal komputer saat ini. Bagian penting yang menjadi kontribusi perempuan tersebut adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, dan menambahkan catatan yang meliputi metide kalkulasi nomor-nomor Bernoulli pada mesin tersebut. Ada juga telah menulis sejumlah penjelasan awal mengenai komputer dan software. Sayangnya ia tak pernah bisa menuntaskan pengembangannya seputar dunia komputer uty sebab ia meninggal dalam usia 36 tahun karena kanker dan pendarahan pada 27 Novemver 1852.

Tahun 1843, Ada menulis paper mengenai pengembangan software komputer, kecerdasan buatan, dan musik komputer. Pada 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memberinya penghormatan dengan menamakan bahasa pemrograman komputernya “Ada”.

  sekitar bulan januari 1852, Ada menderita penyakit urine cancer yg setiap harinya makin menjadi parah. AUGUSTA ADA LOVELACE meninggal pada umur yang bisa dibilang masih muda yaitu 36 tahun.



referensi : www.lcc-ptc.com ,wikipedia

Leave a Reply